adorasi, devosi, dan novena

| Minggu, 23 Juni 2013
adorasi berasal dari kata adoratio / adorare, yang berarti pnyembahan atau pujian. Umumnya adorasi dihubungkan dengan sakramen MahaKudus atau Ekaristi. Adorasi Ekaristi adalah penyembahan atau pujian kepada Sakramen Ekaristi yang ditahtakan. Adorasi Ekaristi atau pujian kepada Sakramen Ekaristi sebenarnya termasuk bagian dari devosi, yaitu devosi kepada sakramen mahakudus. 

yang dimaksudkan dengan devosi adalah kebaktian khusus kepada pribadi atau misteri iman yang berkaitan dengan pribadi tertentu. Misalnya, devosi yang berkaitan dengan pribadi Yesus, devosi kepada hati kudus Yesus atau devosi kepada Maria, misalnya berdoa rosario dan lain sebagainya. 

devosi oleh umat, asal sesuai dengan hukum dan ketentuan gereja, sangat dianjurkan. akan tetapi, devosi perlu memperhatikan masa liturgi yang sedang berlangsung sehingga dapat diatur sedemikian rupa agar selaras dengan liturgi kudus. 

devosi harus bersumber pada liturgi dan mengantar umat pada liturgi sebab pada hakikatnya, liturgi jauh mengungguli semua devosi.

novena berasal dari kata latin, novem yang berarti sembilan. novena adalah doa / kebaktian sembilan hari berturut-turut (misalnya sembilan hari, sembilan minggu atau sembilan bulan) untuk memohon anugerah khusus dari Allah. Novena dapat dilaksanakan secara perseorangan atau berkelompok; bisa dalam bentuk doa pribadi atau ibadat bersama. contoh : novena roh kudus atau novena tiga kali salam maria dll.

sumber : FX Sugiyana

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲