[Ilmu] Kisi kisi mikroekonomi

| Kamis, 22 November 2012

SOAL EKONOMI MIKRO I (MAYANGGITA KIRANA)
SIFAT UJIAN : CLOSED BOOK


1.       Dengan data TPL berikut ini

L
1
2
3
4
5
6
7
TP
2
6
12
16
18
18
16

a.       Carilah APL dan MPL
b.      Pada sepasang sumbu yang sama, gambarkanlah TPL, APL dan MPL serta tunjukkan tahap-tahap untuk penggunaan L dan K. Di tahap manakah Law of Diminishing Marginal Product untuk L mulai berlaku? Di manakah seorang produsen yang rasional akan berproduksi? Mengapa?
c.       Jika L dan K bersifat variabel, pengeluaran total = 12, harga input L =1, dan harga input K=2, gambarkan isocost. Berapakah kemiringan kurva tersebut?
d.      Pada Gambar yang sama dengan poin (c), buatlah suatu isokuanyang menunjukkan titik ekuilibrium dimana produsen menggunakan kombinasi teknologi 6L dan 3K.
e.      Nyatakan kondisi ekuilibrium produsen dalam bentuk MRTSLK, MPL, MPk, PL, dan PK

2.       Tunjukkan cara memperoleh kurva permintaan Tenaga Kerja untuk suatu perusahaan dalam industri persaingan sempurna dalam pasar input (dengan asumsi hanya ada 1 input yang dipakai yaitu Tenaga Kerja)

3.       Buatlah gambar yang menunjukkan tingkat output terbaik bagi sebuah perusahaan monopolis. Masukkan ke dalamnya tiga alternatif kurva ATC, yang menunjukkan bahwa perusahaan tersebut (1) memperoleh laba, (2) mencapai titik impas, (3) menderita kerugian (Hint: Boleh gunakan simbol huruf atau menggunakan simulasi data angka)
a.       Apa yang akan terjadi pada monopolis ini pada jangka panjang jika ia mengalami kerugian? Bagaimana jika rugi dalam jangka pendek tetapi masih mempunyai laba operasional?
b.      Berapakah harga yang dapat dikenakan oleh monopolis tanpa diskriminasi harga pada tingkat output terbaiknya? (Hint MR=MC)
c.       Berapakah TR nya?
d.      Berapakah surplus konsumennya?

4.       Dengan matriks pay-off dibawah ini, dimana hasilnya adalah keuntungan dan kerugian dari 2 perusahaan, tentukanlah:


Perusahaan B
Harga Rendah
Harga Tinggi
Perusahaan A
Harga Rendah
1,1
3,-1
Harga Tinggi
-1,3
4,2

a.       Apakah perusahaan A mempunyai sebuah strategi dominan?
b.      Apakah perusahaan B mempunyai sebuah strategi dominan?
c.       Strategi optimal untuk tiap perusahaan
d.      Ekuilibrium Nash, jika ada

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲